Ticker

6/recent/ticker-posts

Detik Wisata: Presiden Obama Akan Sambangi Candi Prambanan

Selain liburan ke Candi Borobudur, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Hussein Obama akan menyambangi Candi Prambanan. Apa kelebihan Prambanan sehingga menarik minat wisata Obama?

Dikutip dari situs Kemendikbud, Rabu (28/6/2017), kompleks Candi Prambanan terletak di perbatasan Kabupaten Sleman dengan Klaten. Lokasi persisnya di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Berdasarkan situs Indonesiatravel, Obama, yang berada di Yogyakarta, harus menempuh jarak sekitar 17 km untuk mencapai lokasi. Letak bangunan itu pun tak begitu jauh dengan Candi Borobudur, yang juga dikunjungi Obama. Lokasi dua bangunan ini lalu diibaratkan sebagai simbol kedamaian masyarakat Buddha dan Hindu pada masa itu.

Tak Cuma Borobudur, Ini Keindahan Prambanan yang Bakal Memikat Obama

Bangunan ini merupakan peninggalan budaya Hindu di tanah jawa. Candi Prambanan dibangun sekitar abad ke-9 dan ke-10 dengan bentuk bangunan menjulang ke langit. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 47 meter, melebihi Candi Borobudur.

Disebut-sebut, bentuk dan struktur Candi Prambanan yang menjulang tinggi ke langit sangat luar biasa indahnya. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu pertimbangan Obama untuk berkunjung.

Kompleks Candi Prambanan terbagi menjadi 3 halaman konsentris (terpusat), dihubungkan dengan gapura yang terletak pada empat sisi bangunan. Candi ini sering disebut juga sebagai Candi Loro Jonggrang karena kisahnya.

Ada 3 candi utama di halaman utama bangunan, yakni Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Tiga candi tersebut merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan umat Hindu dengan posisi menghadap ke timur.

Selain Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa, di halaman utama Candi Prambanan yang berukuran 110×110 meter ini masih ada candi-candi lain. Candi-candi tersebut ialah Candi Garuda dan Angsa, Candi Apit, Candi Kelir, dan Candi Sudut.

Kompleks Candi Prambanan memiliki banyak ragam hias dengan berbagai motif, paling banyak motif batik. Motif-motif itu di antaranya motif Nitik, motif Sidomukti, motif Pinggiran, dan motif Semen.

Selain itu, di Candi Prambanan terdapat relief motif Prambanan, yaitu hiasan yang hanya ditemukan di Candi Prambanan. Hiasan ini berupa seekor singa di dalam relung yang diapit dua bidang hias berisikan pohon kalpataru dan di bawahnya terdapat sepasang makhluk kinara-kinari.

Jika jadi berkunjung, Obama dapat menikmati segala keindahan dari Candi Prambanan. Menarik untuk menantikan apa yang akan Obama lakukan di sana saat menghabiskan waktunya nanti.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2s0rRmD
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments