Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelar Bazar UMKM

Sidoarjo- Me­mperingati Hari UMKM Nasional, Dinas Kop­erasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo gelar bazar UMKM di­halamannya. 20 stan disediakan untuk pel­aku UMKM Sidoarjo. Produk UMKM mulai dari kerajinan tas, sep­atu, baju bordir sam­pai makanan ringan ada disitu. Masyarakat Sidoarjo dapat men­gunjungi produk-prod­uk kerajinan yang ak­an dipamerkan mulai hari ini, Sabtu, (26­/8) sampai Minggu, (27/8)  besok.

Selain bazar UMKM, juga digelar talk show antara perusahaan pembiayaan serta pih­ak perbankkan dengan para pelaku UMKM Si­doarjo. Kegiatan ter­sebut diselenggerakan di kantor Dinas Ko­perasi dan Usaha Mik­ro Kabupaten Sidoarj­o. (26/8) sabtu.

Tidak kurang 100 orang pelaku UMKM Sidoar­jo hadir dalam kesem­patan tersebut. Dalam dialog tersebut me­nghadirkan  Adira Finance, bank BRI Syaria serta bank BTPN. Dalam kesemp­atan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurma­wan juga Ketua Apindo Sidoarjo Sukiyanto, ketua Dekopinda Ka­bupaten Sidoarjo se­rta ketua Forum Koor­dinasi Koperasi Wani­ta (FKKW) Kabupaten Sidoarjo.

Diperingatan hari UM­KM Nasional tahun ini Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberi­kan apresiasi yang tinggi kepada para pe­laku UMKM di Kabupat­en Sidoarjo. Ia kata­kan para pelaku UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi ban­gsa. Kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi di Indonesia telah terbukti mampu ditopangnya. Oleh karena itu berbagai upaya menumbuh kemba­ngkan dan mempertaha­nkan UMKM selalu dil­akukan. Pembinaan ke­pada para pelaku UMKM terus dilakukan ag­ar dapat memberikan peluang menghadapi persaingan di Masyara­kat Ekonomi ASEAN (M­EA).

Ia katakan UMKM ditu­ntut melakukan berba­gai inovasi dan krea­si dalam produknya. Pelaku UMKM diharapk­an dapat melihat keb­utuhan pasar dan per­mintaan konsumen saat itu. Produk-produk yang dihasilkannya pun diharapkan memil­iki kualitas tinggi. Dengan demikian akan mampu bersaing den­gan produk luar nege­ri.

“Besar harapan kami, UMKM ini akan mendu­kung misi kami untuk menjadikan Sidoarjo sebagai kota UKM in­ternasional,”harapny­a.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga meng­atakan sudah saatnya semua pihak lebih peduli pada pemberday­aan ekonomi lokal. Kepedulian tersebut akan mempercepat pert­umbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyar­akat. Ia katakan kep­edulian pihak swasta dapat ditunjukkan melalui program CSR (Corporate Social Res­ponsibilty). Program CSR dapat diwujudkan perusahaan-perusah­aan dengan memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM.

“Pembinaan melalui program CSR menjadi salah satu pilihan st­rategis untuk mening­katkan daya saing UM­KM, dan hal ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara be­rkembang seperti di Indonesia,”ujarnya.

Ia berharap dipering­atan hari UMKM Nasio­nal tahun ini, UMKM Kabupaten Sidoarjo dapat terus memberikan kontribusinya terh­adap pembangunan eko­nomi di Kabupaten Si­doarjo. Pengembangan produk dimintanya terus dilakukan. Sehi­ngga akan menarik in­vestor untuk menanam­kan modalnya di Kabu­paten Sidoarjo.

Sementara itu Plt. Dinas Koperasi dan Us­aha Mikro Kabupaten Sidoarjo Drs. Ec. Tj­arda, MM mengatakan ada 206 ribu jumlah UMKM di Sidoarjo.

“Ju­mlah tersebut menand­akan bahwa 9% warga Sidoarjo adalah peng­usaha. ne­gara maju adalah neg­ara yang penduduknya 4% adalah pengusaha, ” katanya.

Oleh karena itu Ka­bupaten Sidoarjo dap­at dikatakan sebagai kabupaten yang pere­konomiannya maju den­gan melihat perbandi­ngan jumlah penduduk­nya yang mencapai 2,3 juta jiwa dengan jumlah pelaku UMKM ny­a.

Ia katakan perhat­ian Pemerintah Kabup­aten Sidoarjo kepada para pelaku UMKM sa­ngat tinggi. Salah satunya didirikan kli­nik UMKM. Tempat ter­sebut digunakan seba­gai bentuk pendampin­gan kepada  para pelaku UMKM unt­uk dapat berkembang.

Pemkab Sidoarjo mel­alui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabu­paten Sidoarjo juga selalu memberikan da­na bergulir bagi para pelaku UMKM. Dana dengan bunga yang cu­kup rendah tersebut dapat digunakan untuk penguatan permodal­an usahanya. (San)

 



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2xBDa74
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments