Ticker

6/recent/ticker-posts

Fenomenal Model Lukisan Nyai Roro Kidul Karya Basoeki Abdullah

nyi roro kidul (1)

Mitos dan cerita mengenai sosok Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul memang selalu mengundang rasa penasaran publik. Begitu pula dengan lukisan Nyi Roro Kidul yang merupakan hasil karya salah satu maestro lukis Indonesia, Basoeki Abdullah. Bahkan, lukisan beliau yang bertema Nyi Roro Kidul juga menjadi salah satu koleksi di Istana Kepresidenan. Kini, beberapa koleksi lukisan miliknya bisa dilihat dengan jelas di pameran Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah, yang berlangsung sejak tanggal 1-30 September 2015 di Museum Nasional Jakarta.

 

Namun, tahukan kalian bahwa terdapat cerita unik dibalik pembuatan lukisan legendaris tersebut? Menurut Mikke Susanto, kurator dari pameran ini, Basoeki Abdullah mulai melukis sosok Nyi Roro Kidul sejak ia masih berusia belasan tahun. Ketika itu, beliau sering menghabiskan waktu untuk berdiam diri di Pantai Parangtritis. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk melukis sosok Nyi Roro Kidul setelah merasa pernah bertemu dengan sang Ratu.

 

basoeki abdullah
Sosok maestro lukis Basuki Abdullah | Source: magz.tempo.co

 

Namun, karena sempat kebingungan memikirkan sosok Nyai Roro Kidul yang menurut mitos memiliki paras yang sangat cantik dan anggun, ia pun sempat mencari seorang model untuk lukisannya. Akhirnya, Nyonya Harahap diminta untuk menjadi model lukisan tersebut. Namun, kabarnya setelah selesai dilukis, sang model divonis mengidap kanker hingga akhirnya meninggal dunia. Awalnya, Basoeki hanya menganggap kejadian tersebut sebagai sebuah kebetulan saja. Tetapi, pada kenyataannya, semua model yang pernah dilukisnya untuk tema yang sama juga mengalami hal yang tidak menyenangkan.

 

Kini, lukisan bertema Nyai Roro Kidul yang dibantu oleh Nyonya Harahap sebagai modelnya ini bisa kalian lihat dalam salah satu koleksi lukisan yang dipajang di Istana Presiden Yogyakarta. Hmm, bagaimana menurut kalian?

 

Source: http://ift.tt/2jO0EDV



from Halo Dunia Network http://ift.tt/2xlqTEY
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments