10 Berita Hoax Terbesar dalam Sejarah

Hoax adalah istilah yang kini populer untuk menyebut sebuah kabar bohong. Dari sekedar candaan hingga ingin popularitas, seseorang membuat sebuah kabar bohong dan disebar ke publik. Banyak hoax yang langsung terbantahkan, namun ada juga yang bertahan dan menyebar ke seluruh dunia dan diyakini sebagai berita valid.

Hoax pertama yang tercatat dalam sejarah adalah dipublikasikannya penanggalan palsu yang meramalkan kematian seorang astrolog pada tahun 1709. Dengan tujuan membuat malu sang astrolog, berita bohong yang dibuat oleh Jonathan Swift tersebut tersebar dan membuat Astrolog John Partridge berhenti membuat ramalan bintang selama 6 tahun.

Dari sekian banyak berita hoax yang tersebar, ada yang berhasil membuat terkecoh jutaan orang karena mengira kabar itu nyata. Kita akan melihat sepuluh berita hoax terbesar sepanjang sejarah, yang bahkan beberapa diantara hingga kini masih banyak yang menganggapnya sebagai sebuah fakta.

1. Peri-peri Cottingley

Deretan foto  yang diambil antara tahun 1917 dan 1921 di Cottingley, Inggris, memperlihatkan dua orang gadis berusia 10 dan 16 tahun tampak bermain-main dengan sekumpulan peri. Dunia kala itu geger, foto-foto ini dianggap sebagai bukti nyata keberadaan peri dan kurcaci. Bahkan, pengarang tokoh Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, percaya kalau foto itu asli dan membantu menyebarkannya ke publik.

Setelah bertahan selama 60 tahun, Frances dan Elsie, dua anak yang berfoto bersama peri, akhirnya membuat pengakuan kalau foto peri tersebut palsu.

2. Monster Loch Ness

Monster Loch Ness disebut sebagai hoax paling populer di dunia. Pada tahun 1934, Koran Daily Mail menerbitkan foto pertama dari hewan mistis yang diambil ahli bedah London, Dr. Wilson.

Publikasi tersebut mengejutkan seluruh dunia, namun akhirnya pada 1994 foto bukti adanya monster dipastikan palsu. Namun hingga kini, keyakinan akan kejujuran Dr. Wilson dan mitos indah tentang monster tersebut tetap dipercaya banyak orang.

3. Manusia Piltdown

Teori Evolusi Charles Darwin menyebutkan manusia dulunya berasal dari hewan. Namun tak ada satu pun bukti fosil yang menunjukkan adanya mahluk dengan bentuk antara atau peralihan dari hewan ke bentuk manusia. Karenanya, teori Darwin hanya sebatas teori tanpa bukti.

Di tahun 1912, seorang arkeolog amatir, Charles Dawson mengklaim telah menemukan sisa mahluk purba yang diyakini sebagai rantai evolusi antara primata dan manusia yang hilang. Dunia terhentak, bukti kalau manusia bernenek moyang hewan akhirnya ditemukan. Para pengusung teori Darwin pun berada diatas angin.

Penipuan Dawson akhirnya terungkap 40 tahun kemudian ketika ilmuwan memastikan bahwa Manusia Piltdown tak lebih dari gabungan dari Tengkorak manusia abad pertengahan dengan rahang orangutan. Teori Darwin pun kembali menjadi teori tanpa bukti.

4. Foto hantu William Mumler

Diakhir abad ke-19, fotografer New York, William Mumler mulai mempublikasikan foto-foto yang memperlihatkan arwah-arwah yang berfoto bersama anggota keluarganya. Foto Mumler yang paling terkenal adalah foto Mary Todd Lincoln, yang tampak berpose dengan arwah suaminya, Presiden Abraham Lincoln. Foto ini menjadi sangat populer, namun saat Mumler akhirnya mengakui kalau foto tersebut rekayasa, ia pun jatuh bangkrut.

5. The Lying Stone – Batu kebohongan

Pada tahun 1725, seorang Profesor, Johann Beringer menemukan potongan  batu kapur berukir yang menggambarkan hewan prasejarah dan tanaman serta tulisan Ibrani didalamnya. Beringer mengira batu ini berasal dari Tuhan dan akhirnya menulis buku tentang penemuannya.

Dua temannya akhirnya mengakui bahwa lempengan batu tersebut adalah tipuan yang sengaja ditanam di dekat situs penggalian sang profesor, sebagai balas dendam atas keangkuhannya. Namun sang Profesor tetap tak percaya, ia yakin batu itu dari langit. Setelah membawa kasus ini ke pengadilan, kesaksian temannya terpaksa ia percayai. Ia hampir bangkrut setelah berusaha membeli seluruh bukunya sendiri yang telah keburu beredar di pasaran.

6. Mesin catur orang Turki

Pada abad ke-18, seorang penemu, Wofgang von Kempelen membuat sebuah mesin yang mampu bermain catur dengan otomatis. Mesin itu berbentuk sebuah meja catur dengan ‘robot’ orang Turki dibelakang meja.

“Si orang Turki” hanya kalah 6 kali dari 300 kali permainan, ia bahkan mampu mengalahkan Napoleon, yang membuatnya menjadi sangat terkenal. Tak ada yang tahu bagaimana cara kerja mesin itu. Orang mengira mesin itu memiliki mekanisme sempurna dan tak mungkin digerakkan oleh manusia karena tak mungkin manusia bisa muat masuk kedalamnya.

Belakangan diketahui, mesin tersebut ternyata bukan murni sebuah mesin. Di dalam mesin ternyata berisi orang sungguhan yang bermain catur. Kok bisa muat? sang pecatur ternyata tidak memiliki kaki akibat diamputasi saat perang. Ia bisa melihat papan catur dengan bantuan magnet dan ialah yang sebenarnya mengontrol sang robot Turki.

7. Otopsi Alien

Pada tahun 1947, sebuah ledakan diduga berasal dari kecelakaan pesawat UFO terjadi di Roswell, AS. Berbagai teori konspirasi berseliweran dari tahun ke tahun yang menyatakan UFO itu telah disita pihak pemerintah dan mereka telah membawa jasad Alien untuk diteliti.

Pada tahun 1995, produser film asal Inggris, Ray Santili membuat sensasi dengan menyebarkan sebuah video otopsi alien yang ia klaim berasal dari kecelakaan pesawat Roswell. Pada akhirnya kebenaran terungkap, film itu hanyalah hoax yang dibuat Santili dengan menggunakan boneka.

8. Kematian sang wisatawan

Setelah peristiwa tragis 9/11, sebuah foto muncul di internet memperlihatkan seorang pria yang berdiri diatap gedung World Trade Center sedetik sebelum pesawat menubrukkan diri ke gedung tersebut.

Para pengamat menemukan beberapa keanehan disini:

  • Turis takkan bisa berada diatap gedung WTC saat kejadian (8.45 pagi) karena areal tersebut baru dibuka untuk wisatawan pada pukul 9.30 pagi.
  • Pesawat mendekati gedung dari arah yang salah.
  • Model pesawat berbeda
  • Bayangan pesawat jatuh di arah yang salah
  • Bentuk huruf yang ada di penangaglan foto bukan bentuk yang biasa.
  • Akhirnya, mitos kematian si turis inipun terbukti hoax.

9. Sandiwara radio War of the Worlds (Perang Dunia)

Pada tahun 1938, sutradara Orson Welles membuat sandiwara radio yang dimainkan berdasarkan novel berjudul The War of the Worlds karangan Herbert Wells. Buku itu menceritakan tentang serangan alien ke bumi.

Cerita adaptasi radio tersebut dibuat dengan plot menyerupai siaran langsung, dan ternyata ini adalah strategi jitu: pidato di radio terganggu oleh suara gangguan sinyal dan ditimpali dengan laporan koresponden.

Para pendengar telah diingatkan kalau ini hanya sandiwara, tapi mungkin karena terlalu terbawa suasana, banyak yang lupa kalau itu hanya drama. Banyak yang percaya siaran tersebut nyata dan mereka panik bahkan sampai mengungsi keluar kota. Ironisnya, penduduk makin panik pada adegan dimana “President Roosevelt” menyampaikan pidato meminta agar rakyat tetap tenang.

10. Perpetual Motion Machine – Mesin Gerak Abadi milik Redheffer

Di tahun 1813, Charles Redheffer menyebut dirinya orang yang mampu membuat mesin gerak abadi, sebuah mesin yang bisa bergerak tanpa henti meski tak ada daya dari luar. Pernyataannya membuat ribut, banyak yang skeptis dengan pengakuannya.

Salah seorang yang skeptis, ahli mekanik Robert Fulton mengamati mesin tersebut dengan hati-hati dan menyimpulkan bahwa mesin tersebut bergerak karena ada daya. Usut punya usut, daya tersebut ternyata berasal dari seorang kakek tua yang memutar pegangan mesin dari atas loteng.

Sumber: brightside.me



from KOMUNITAS ANTI HOAX ONLINE http://ift.tt/2rAH7dc
via IFTTT

Comments